2 TIPS MEMASAK SEAFOOD YANG PALING SIMPEL

PERNAH MEMBELI SEAFOOD TAPI MASIH BINGUNG CARA BAGAIMANA CARA MEMASAK YANG BENAR

Cara memasak seafood yang baik dan benar

Ikan, udang, kerang, udang air tawar serta lobster ialah bahan makanan yang gampang sekali rusak( busuk) perihal ini dikarena mikrona pembusuk ataupun pathogen bertumbuh sangat kilat. Oleh sebab itu seafood wajib lekas diolah ataupun ditaruh dengan temperatur yang cocok biar mikroba ataupun pathogen tidak berumbuh.

 

Mikobra ataupun pathogen bisa berkembang sangat gampang pada temperatur 5 hingga 60 derajat celcius, sehingga upayakan seafood tidak terpapar dengan temperatur tesebut dalam jangka waktu yang lama. Bila Kamu mau menaruh seafood terdapat akannya yakinkan dulu apakah seafood masih bermutu baik. Untuk bisa mendapatkan kualitas yang baik, hingga simpan seafood yang bermutu baik serta lekas dinginkan ataupun bekukan. Jangan membekukan seafood yang bermutu rendah ataupun hampir rusak.


Baca Juga: Pengertian Seafood


Seafood beku bermutu rendah akan lekas jadi rusak( busuk) kala es- nya dicairkan( dithawing) ataupun kala produk diolah.

 

1. Penyimpanan Pada Temperatur Dingin

Penyimpanan ini di jalani di dalam refrigerator. Bila dikala Kamu membeli seafood fresh serta dalam keadaan dingin( bukan beku) hingga seafood bisa Kamu simpan di dalam refrigerator. Lama penyimpanan didalam refrigerator ialah 1 hari hingga 2 hari saja dengan temperatur yang tidak lebih dari 5 derajat celcius. Untuk melindungi temperatur seafood senantiasa normal jangan sempat isi refrigerator sampai penuh. Simpan seafood didalam wadah/ kemasan makanan yang bersih, tidak bocor serta tertutup rapat. Jangan sempat menaruh makanan di dalam wadah terbuka sebab akan menyebabkan terbentuknya kontaminasi dengan makanan yang lain.

 

2. Penyimpanan Pada Temperatur Beku

Penyimpanan ini dicoba di dalam Freezer. Seefood yang ditaruh di dalammnya merupakan seafood yang telah beku dikala Kamu membelinya. Seafood bisa Kamu simpan sampai 3 bulan hingga 6 bulan di dalam freezer dengan temperatur sempurna yang digunakan merupakan- 18 derajat celcius. Dikala menyimpanan seafood di dalam freezer jangan sempat memakai wadah yang terbuka simpan di dalam wadah yang bersih, tertutup serta tidak bocor. Simpan seafood pada wadah terbuka akan menyebabkan terbentuknya pengeringan/ kehilangan cairan tubuh di permukaan ataupun yang lebih kerap diucap dengan freezer burn. Seafood yang hadapi freezer burn akan hadapi pergantian corak pada permukaannya, penyimpangan citarasa dan pergantian tekstur jadi kering.

 

Makanan laut wajib senantiasa ditaruh dalam lemari es sebab sangat sensitif terhadap temperatur. Perihal lain yang butuh diingat merupakan Kamu tidak boleh sangat lama memasak makanan laut ataupun rasanya akan sirna total. Perawatan wajib diambil dikala menanggulangi makanan laut. Jangan sempat membeli makanan laut dari penjual ikan di pinggir jalur sebab mereka bisa jadi menjual ikan dengan mutu kurang baik serta murah. Cara terbaik merupakan menangkap ikan Kamu sendiri. Alternatifnya, Kamu dapat membeli ikan beku, fresh ataupun kalengan. Jangan membekukan makanan laut sepanjang lebih dari 5- 7 bulan. Coba beli di hari Kamu mau memasaknya.


Baca Juga: Punya Alergi Seafood? Simak Cara Mencegahnya Disini

 

Berikut merupakan tips simpel memasak bermacam tipe seafood:

 

Ikan sirip:

Terdapat formula yang tidak terhitung banyaknya, yang dapat digunakan untuk membuat ikan semacam herring, salmon, cod dll.

 

Ikan salmon

Ikan semacam salmon akan mempunyai rasa yang lezat bila direndam dengan bumbu ataupun mentega herba. Bagaikan alternatif, Kamu dapat merendamnya dengan bumbu Thailand. Salmon asap akan sesuai untuk salad.

 

Ikan haring

Ini merupakan ikan kecil serta berminyak yang dapat dikukus dan digoreng ataupun dipanggang. Potong bagian kepala ikan serta potong sebagian bagian badan supaya rasa bumbu menyerap ke dalam ikan.

 

Sejenis ikan pecak

Ini merupakan ikan pipih yang sangat besar serta dapat dibeli dalam wujud fillet. Kamu juga dapat menangkap ikan Kamu sendiri. Bila Kamu mau mengawetkannya secara utuh, hingga gantunglah di dasar cahaya matahari sampai betul- betul kering. Kamu dapat membekukan ikan fillet.

 

Ikan kod:

Ini mempunyai rasa yang lezat serta bisa direndam dengan bumbu India. Ini merupakan ikan yang bagus untuk digunakan dalam hidangan semacam keripik ikan serta burger ikan. Itu dapat dipanggang secara totalitas. Pembekuan merupakan cara terbaik untuk mengawetkannya.

 

Teri:

Yang ini merupakan ikan kecil, asin serta berminyak. Dikala mempersiapkan ikan ini, jangan sempat memakai sangat banyak garam. Pakai garam 60 persen lebih sedikit dari yang biasa Kamu pakai dalam makanan Kamu. Ikan teri gampang ditangani serta bisa diawetkan dengan tata cara brining ataupun pembekuan.

 

Ikan ataupun makanan laut merupakan acapkali identik dengan bau amis.

“ Bau laut itu wajar, tetapi tidak boleh bau amis,” kata Kantha Shelke, pakar pangan dari Institute of Food Technology, Chicago.

 

Ikan yang fresh, dia melanjutkan, wajib mempunyai mata yang bundar, tidak berkabut, kering serta cekung. Insangnya wajib merah terang, tidak hitam ataupun berdahak. Ikan juga wajib lembab serta kenyal bukannya lembek. Udang, lobster serta kepiting wajib mempunyai ekor seragam rupanya tanpa corak lain.

Cara terbaik merupakan membeli seafood serta memasaknya di hari yang sama. Bila itu tidak bisa jadi, simpan di lemari es ataupun freezer hingga dimasak di setelah itu hari. Shelke menawarkan panduan penyimpanan seafood:

 

o Ikan, udang, kerang, udang air tawar serta lobster bisa ditaruh dalam kantong penyimpanan tertutup rapat ataupun wadah plastik serta ditaruh di atas es di kulkas. Dengan memakai tata cara ini, kerang serta cumi akan senantiasa fresh sampai 3- 4 hari. Sebaliknya ikan akan fresh dari 5 sampai 7 hari.

o Kerang, cumi serta ikan bisa dibekukan dalam air serta ditaruh di dalam lemari es sepanjang 4 hingga 6 bulan( 0 derajat Fahrenheit ataupun lebih rendah).

o Kepiting bisa ditaruh hingga 2 hari bila dibungkus dalam plastik serta dikemas dalam es di lemari es. Mereka bisa terus sepanjang 6 bulan kala dibungkus sebagian lapis plastik serta ditaruh dalam freezer( pada 0 derajat Fahrenheit).


Rekomendasi:

Tips Agar Makanan Tidak Mudah Basi

Salad Seafood, Salad Kaya Akan Protein

Martabak Telur VS Martabak Manis, Mana Kalori Yang Lebih Tinggi

Mie Ramyeon, Mie Khas Korea Yang Menggugah Selera

 

 

tag: cafe di madiun, kafe termurah madiun, cafe madiun live music, kuliner kekinian, kuliner madiun, kafe murah terdekat, cafe prague, prague cafe madiun, prague madiun, cafe terdekat, tips menyimpan seafood, cara menyimpan seafood

Post a Comment

0 Comments