Pengertian Seafood

 

TAHUKAH KAMU APA ITU SEAFOOD?

Makanan laut atau hidangan laut( bahasa Inggris: seafood) merupakan istilah untuk santapan berbentuk hewan dan tanaman laut yang ditangkap, dipancing, diambil dari laut maupun hasil budidaya. Burung dan burung air yang ada di laut tidak tercantum ke dalam makanan laut.

Di sebagian negeri, sebutan" makanan laut" juga mencakup mamalia laut, ikan dan kerang yang ditangkap atau dikumpulkan nelayan dari air tawar( danau dan sungai). Makanan laut merupakan sumber protein, lemak, vitamin, serta mineral( seng, zat besi, selenium, magnesium, dan iodium).

Laut berikan kita banyak hal. Santapan, mata pencaharian, hiburan, dan berlayar adalah beberapa di antaranya. Kamu mungkin membayangkan panorama alam biasa para nelayan dengan jala ketika mendengar sebutan makanan laut namun keadaan sudah berubah sekarang.

Industri komersial sudah memakai perlengkapan berteknologi tinggi untuk melacak dan menangkap ikan di lautan. Perlengkapan berteknologi tinggi membantu mereka menangkap beberapa besar ikan dan hewan laut lainnya. Tetapi hal ini memunculkan dampak serius pada ekosistem laut. Ikan yang banyak diminati seperti Salmon, Tuna dan beberapa yang lain semakin banyak diburu. Hal ini menyebabkan penurunan varietas ini di sebagian belahan dunia. Ini juga tercantum sebagian spesies yang terancam punah dan dilindungi.

Permasalahan lain yang terpaut dengan penangkapan ikan modern adalah tangkapan sampingan. Industri perikanan memakai istilah bycatch untuk mewakili ikan- ikan yang tidak diinginkan yang datang bersama dengan ikan target. Karena ikan- ikan ini tidak diinginkan, mereka dibuang kembali ke laut hidup atau mati. Dengan meningkatnya persaingan dan permintaan, situasi semakin hari semakin buruk.

Untungnya, sebagian orang dan organisasi nirlaba sudah bergabung dengan gerakan makanan laut berkelanjutan yang dimulai pada tahun 1990 untuk menyelamatkan lautan. Tetapi, kontribusi mereka saja tidak akan cukup untuk mengubah situasi saat ini. Setiap orang harus bertanggung jawab dan melakukan hal- hal yang diperlukan.

Saat ini apa yang wajib kalian jalani? Nah, Kamu dapat melaksanakan banyak perihal. Bagaikan konsumen, perihal awal yang bisa Kamu jalani merupakan membeli santapan laut yang berkepanjangan. Merk serta industri yang sediakan santapan laut yang berkepanjangan mencermati masalah- masalah semacam penangkapan ikan kelewatan, tangkapan sampingan yang sangat mengganggu ekosistem laut. Mereka menjajaki ketentuan serta standar tertentu yang diresmikan oleh komunitas internasional semacam FAQ. Ini tercantum praktik- praktik tertentu semacam tidak terdapat sasaran tebar, pemakaian perlengkapan tangkap selektif, tidak terdapat bycatch, dll.

Kamu pula bisa mendesak pasar buat santapan laut berkepanjangan dengan memohon santapan laut yang berkepanjangan dari restoran lokal. Konsumen bisa memakan ikan yang ditangkap secara lokal ataupun yang lebih rendah dalam rantai santapan semacam ikan kod. Hendak sangat bagus buat mendidik diri Kamu sendiri tentang spesies yang terancam punah serta menjauhi memakannya.

Kamu pula dapat berangkat dengan ikan budidaya. Ikan- ikan ini dibesarkan di area tertutup ataupun kolam. Tidak permasalahan dari mana Kamu berpikir buat membeli ikan, namun yakinkan efeknya minimun pada habitat terdekat. Baik ikan ditempatkan di laut terbuka ataupun dibesarkan di kolam, struktur wajib dibentuk selaras dengan area.

Ambil langkah awal buat melestarikan ekosistem dengan memilah santapan laut yang berkepanjangan. Serta jangan kurang ingat buat mengecek logo Ramah Area pada produk.

 

Kesegaran makanan laut

Ikan

Makanan laut tersedia dalam bentuk segar, kering, atau beku. Ikan segar atau ikan beku biasanya dijual setelah dibekukan di dalam lemari es atau didinginkan dengan es. Ciri-ciri ikan bermutu baik:

·         Warna tubuh ikan harus cerah, mengkilat, dan terlihat bagus

·         Ikan Tidak berbau amis atau bau menyengat seperti amonia

·         Mata ikan harus terlihat cerah, jernih, dan menonjol keluar

·         Daging ikan tidak lunak dan lentur bila ditekan

·         Bagian insang atau bagian yang mengandung pembuluh darah harus terlihat merah tua atau merah jambu, dan bukan warna coklat atau abu-abu.

 

Kerang, kepiting, udang

·         Hewan laut yang memiliki cangkang harus utuh, tidak retak, atau pecah

·         Cangkang kerang atau tiram yang masih hidup akan menutup bila dipegang dengan tangan

·         Kaki-kaki dari kepiting dan udang karang yang hidup masih bisa bergerak.

 

Penyimpanan dan pengolahan

Setelah dibeli di pasar atau ditangkap di laut, kesegaran makanan laut harus dipertahankan agar tidak rusak. Kesegaran makanan laut dijaga dengan memasukkannya ke dalam kemasan berisi es, kotak es, atau lemari es. Sebelum kualitasnya menurun, makanan laut harus segera dimasak atau dikonsumsi.

 

Pengolahan makanan laut:

Pematangan dengan cara direbus, digoreng, dibakar, ditumis, dikukus, atau dipepes menjadi berbagai masakan dan makanan olahan: kerang rebus, udang bakar, kepiting rebus, ikan goreng, ikan pepes, kerupuk, atau bakso.

Pengeringan dan penggaraman: udang kering, ikan asin, cumi asin

Perendaman dengan cuka atau minyak: carpaccio, ceviche, pekelharing

Fermentasi: kecap ikan, narezushi

Penyajian sewaktu masih segar (mentah) sebagai sashimi, sushi, atau campuran selada.

 

Keyword:

kumpulan jenis seafood

materi seafood lengkap

menu makanan seafood

pengertian seafood

macam macam makanan seafood

seafood artinya

gambar makanan seafood

seafood terdekat

tongkrongan nyaman madiun,

kafé termurah madiun,

kafé dengan live music,

kuliner kekinian

kuliner madiun

 


Post a Comment

0 Comments