3 Resep Membuat Martabak Telur Yang Mudah

CARA MEMBUAT MARTABAK TELUR YANG PRAKTIS

martabak telur
img src: lifestyle.okezone.com

Siapa sih yang tidak suka martabak? Cemilan nikmat khas Indonesia ini konon katanya aslinya bernama Hik Lo Pan yang ebrasal dari Bangka Belitung yang diciptakan oleh orang- orang Hakka( Khek) Bangka. Hingga dari itu, kalian tentu kerap memandang di gerobak- gerobak martabak bertuliskan‘ Martabak Khas Bangka’.

Rasanya yang nikmat dan biayanya yang lumayan terjangkau jadi kesukaan orang Indonesia dari seluruh golongan dari kanak- kanak sampai orang berusia. Di Indonesia, ada 2 tipe martabak ialah martabak manis dan martabak asin ataupun yang biasa diucap martabak telur.

 

Sekilas Tentang Martabak

Martabak manis lsendiri ebih diketahui dengan istilah cerah bulan. Walaupun mempunyai nama depan yang sama ialah martabak, nyatanya kedua martabak ini jauh berbeda baik mulai dari pembuatan, komposisi, dan tentu rasanya. Martabak manis ataupun cerah bulan dapat dikategorikan bagaikan kue ataupun roti isi selai ataupun keju ataupun meses, ataupun varian yang lain. Beda dengan martabak telur yang ialah makanan yang digoreng memakai minyak.

Untuk penggemar martabak telur, pasti rasanya yang gurih dan lezat telah tidak asing. Rasa yang asin dengan perpaduan sayur- mayur dan daging pasti buatnya dapat dijadikan bagaikan lauk ataupun dapat dimakan bagaikan kemilan buat memgganjal perut yang lumayan membuat kenyang.

Penjual martabak juga telah terdapat dimana- mana, mulai dari pedangang kaki 5 sampai yang mempunyai restaurant ataupun tempat jual martabaknya sendiri. Tidak hanya itu, cara pembuatan dan isi martabak pasti membiasakan dengan daerahnya, semacam mayoritas makanan khas Indonesia yang lain. Tetapi walaupun berbeda, umumnya cara dan isinya nyaris sama, cuma ditambahkan topping ataupun pemanis yang lain.

Kalian juga sekarang dapat menikmati kenikmatan martabak telur tiap dikala dengan berupaya buatnya sendiri di rumah. Tidak hanya itu, kalian juga saat ini dimudahkan dengan terdapatnya aplikasi belanja online yang menolong kamu berbelanja kebutuhan memasak martabak di rumah tanpa wajib berangkat ke pasar maupun supermarket.


Baca juga: Aneka Resep Pangsit Gurih dan Renyah


Aneka Resep Martabak Telur Yang Lezat Dan Mudah

Sepanjang ini bisa jadi banyak orang lebih kerap menyantap martabak telur dengan membelinya langsung pada penjual yang banyak ditemui di pinggir jalur spesialnya malam hari.

Sementara itu proses buatnya lumayan gampang dan dapat dicoba oleh ibu- ibu yang mau memperkenalkan kemilan yang lebih terjamin kesehatan dan kebersihannya sebab membuat sendiri. Buat seperti itu berikut ini sebagian resep martabak telur yang simpel tetapi lezat dan istimewa:

 

1. Resep Martabak Telur Daging Istimewa

Salah satu resep martabak telur yang lezat dan gampang buatnya merupakan martabak telur daging istimewa. Siapapun dapat mencobanya dan hasilnya pasti tidak akan kalah dengan martabak telur daging yang kerap dibeli di pasaran. Berikut ini bahan dan cara buatnya, antara lain:

 

Bahan Kulit Martabak Telur Daging Istimewa

·         Tepung terigu 200 gr

·         Minyak sayur 30 gr

·         Garam 1 sdt

·         Air 160 ml

·         Telur ayam 1 butir

 

Bahan Isian Martabak Telur Daging Istimewa

·         Telur bebek 3 butir

·         Kornet daging 1 bungkus

·         Bawang bombay 1 buah, cincang

·         Bawang putih 3 siung, cincang

·         Daun bawang seperlunya, cincang

·         Merica bubuk secukupnya

·         Garam secukupnya

·         Bahan Saos Martabak Telur Daging Istimewa

·         Bawang merah 2 siung, iris tipis- tipis

·         Cabai merah dan cabai rawit tiap- tiap 3 biji, iris tipis- tipis

·         Saos tomat 2 sdm

·         Saos cabai 1 sdm

·         Air hangat secukupnya

 

Cara Membuat Martabak Telur Daging Istimewa

·         Buatlah adonan kulit terlebih dulu dengan mengombinasikan seluruh bahan dan tuangkan air sedikit demi sedikit. Uleni adonan sampai jadi kalis.

·         Setelah itu wujud adonan jadi bulat- bulat dan olesi permukaan adonan dengan minyak sayur. Diamkan adonan kurang lebih sepanjang 10- 15 menit dan ditutup dengan kain basah.

·         Berikutnya tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum setelah itu masukkan kornet daging ke dalamnya. Tumis terus sampai daging kornet matang, bila telah sisihkan dan diamkan terlebih dulu sampai dingin.

·         Siapkan mangkok setelah itu kocok telur di dalamnya sambil memasukkan daun bawang, tumisan daging, garam dan lada seperlunya. Kocok sampai seluruh bahan menyeluruh.

·         Ambil adonan yang telah didiamkan 10 menit tadi, setelah itu giling adonan di atas siliconmat memakai rolling pin kayu hingga adonan jadi lebih tipis dari tadinya.

·         Setelah itu siapkan teflon buat menggoreng dan beri minyak goreng seperlunya.

·         Setelah minyak panas, letakkan adonan yang telah digiling ke atas minyak setelah itu masukkan bahan isian sang atasnya dan tutup adonan sampai membentuk persegi panjang.

·         Tunggu adonan sampai bercorak kecoklatan setelah itu angkat dan tiriskan.

·         Berikutnya buatlah saos buat martabak telur dengan mengombinasikan seluruh bahan saos dalam mangkok kecil.

·         Potong- potong martabak jadi lebih kecil kemudian sediakan dalam piring dan santaplah dengan saos yang baru saja terbuat selagi masih hangat.

 

2. Resep Martabak Telur Tanpa Tepung

Untuk orang yang lagi diet, karbohidrat jadi salah satu hal yang wajib dikurangi apalagi dihindari. Walaupun tidak sebanyak nasi, tepung terigu senantiasa masuk dalam kalangan karbohidrat dimana memiliki gula di dalamnya.

Berikut ini resep martabak telur buat menu diet tanpa memakai tepung terigu.

 

Bahan Kulit Martabak Telur Tanpa Tepung

·         Telur ayam 2 butir

·         Garam½ sdt

·         Merica bubuk½ sdt

·         Kaldu ayam bubuk secukupnya

 

Bahan Isian Martabak Telur Tanpa Tepung

·         Telur bebek 1 butir

·         Daun bawang secukupnya

·         Daging ayam ataupun sapi 100 gram, cacah lembut

·         Merica bubuk½ sdt

·         Bawang putih 2 butir, haluskan

·         Garam secukupnya

 

Cara Membuat Martabak Telur Tanpa Tepung

·         Kocok seluruh bahan kulit sampai betul- betul tercampur dengan rata.

·         Siapkan wadah yang lain kemudian kocok seluruh bahan isian sampai tercampur menyeluruh.

·         Siapkan teflon dan pakai api kecil. Oleskan minyak memakai kain pada permukaan teflon.

·         Setelah itu dadar adonan kulit tipis- tipis pada teflon.

·         Masukkan bahan isian ke atas adonan kulit setelah itu lipat kulit sampai membentuk persegi panjang dan upayakan supaya kulit jangan hingga sobek.

·         Balik martabak dengan menekannya lama- lama setelah itu tambahkan minyak goreng ke dalamnya. Goreng martabak telur sampai matang menyeluruh dan bercorak kecoklatan.

·         Angkat dan sediakan martabak telur tanpa tepung selagi hangat bersama dengan saos ataupun bumbu lain cocok selera.

 

3. Resep Martabak Telur Istimewa Isi Bumbu Rendang

Untuk pecinta makanan primadona dari Minang, dapat berupaya resep martabak telur dengan isi bumbu rendang di dalamnya. Menu ini terkategori unik sebab tidak sering sekali ditemui.

Buat seperti itu siapapun dapat berkreasi dengan meningkatkan bumbu rendang ini sehingga menciptakan martabak telur yang nendang dan nikmat semacam masakan- masakan khas padang.

 

Bahan Kulit Martabak Telur Istimewa Isi Bumbu Rendang

·         Tepung terigu 150 gr

·         Air 40 ml

·         Garam 1 sdt

·         Minyak sayur secukupnya

·         Bahan Isian Martabak Telur Istimewa Isi Bumbu Rendang

·         Telur 3 butir( dapat bebek ataupun ayam cocok selera)

·         Daun bawang seperlunya, cincang kasar

·         Kornet sapi secukupnya

·         Kaldu ayam bubuk secukupnya

·         Lada bubuk secukupnya

·         Bumbu rendang secukupnya

 

Cara Membuat Martabak Telur Istimewa Isi Bumbu Rendang

·         Buat adonan kulit martabak dengan mengombinasikan tepung terigu dan garam. Tuang air sedikit demi sedikit dan uleni terus adonan sampai jadi kalis. Wujud adonan jadi bulatan yang lebih kecil kemudian rendam dengan minyak sayur sepanjang kurang lebih 2 jam.

·         Setelah 2 jam setelah itu, ambil salah satu adonan yang telah dibangun tadi setelah itu pipihkan secara manual ataupun memakai perlengkapan roll.

·         Pada wadah lain, campur seluruh bahan isian dan aduk sampai menyeluruh.

·         Panaskan teflon setelah itu letakkan kulit martabak di atasnya. Goreng sebentar dengan cara menggoyang- goyangkan ujungnya kemudian masukkan bahan isian di atasnya kulit martabak. Lipat sampai membentuk persegi panjang ataupun semacam amplop.

·         Goreng martabak sampai bercorak kecoklatan. Jangan kurang ingat buat membaliknya supaya matang sempurna.

·         Angkat martabak telur dan potong jadi sebagian bagian ataupun cocok dengan selera.

·         Susun apik dalam piring dan sediakan bersama saos sambal ataupun saos yang yang lain cocok dengan selera.

 

Rekomendasi:

Resep Aneka Rendang Yang Empuk dan Lezat

Aneka Resep Olahan Kentang

Resep Olahan Nasi Putih Yang Tak Kalah Lezat


tag: cafe di madiun, kafe termurah madiun, cafe madiun live music, kuliner kekinian, kuliner madiun, kafe murah terdekat, cafe prague, prague cafe madiun, prague madiun, cafe terdekat, martabak telur, cara membuat martabak telur, martabak, cara membuat martabak

Post a Comment

0 Comments