Resep Pudding Lumut Harum Paling Sederhana dan Lezat

PUDDING LUMUT, PUDDING WANGI DARI PANDAN YANG MENJADI FAVORIT PARA BUNDA

sumber gambar: wartasolo.com

Kali ini saatnya berupaya membuat puding lumut pandan hijau yang lagi ngetren dan terkenal banget di Medsos. Dari Instagram, Line, dan tim masakan di Facebook wara wiri timbul di timeline ku ya puding lumut ini. Saya jadi penasaran dan coba- coba browsing resep puding lumut yang lezat tetapi praktis buatnya.

Kesimpulannya ketemu juga resep puding lumut pandan hijau yang cocok di lidahku. Rasanya lezat, manisnya cocok dan pasti saja tidak terasa bau telurnya. Beneran lezat banget puding lumut ini. Tidak hanya itu tampilannya juga menawan dengan warna lumut yang betul- betul seperti puding lumut asli. Untuk warna hijaunya saya gunakan juice pandan bun, seperti cara membuat puding lumut pandan pada biasanya.

Kira- kira kita akan memerlukan daun pandan dekat 10- 12 lembar untuk hasil warna hijau yang menawan dan rasanya yang cocok. Sebaliknya untuk bau amisnya saya tambahkan perasaan air lemon supaya lebih fresh. Dengan cara simpel ini puding lumut santan telur juga tidak lagi berbau amis. Umumnya kan untuk melenyapkan bau amisnya tunggu puding dingin dan set terlebih dulu baru baru amis telurnya lenyap.

Saat ini dengan memakai sedikit perasaan air lemon, usir bau amis telur juga jadi gampang dan praktis. Supaya rupanya hijau menawan, tidak hanya memakai perona hijau natural dari air daun pandan yang di juice. Ibu dapat tambahkan pasta pandan seperlunya, hasil kesimpulannya jadi bercorak hijau ngejreng dan menawan. Tetapi tanpa pasta pandan juga menurutku telah lumayan menawan sih, ijo lumutnya bener- bener ngeprul di segala bagian agar- agar lumut.

Sesungguhnya kreasi olahan resep puding lumut aroma daun pandan ini termotivasi dari puding santan gula merah yang adalah puding jadul dengan rasa yang manis dan gurih. Kebetulan sebagian waktu kemudian kami telah bagikan step by step proses pembuatannya. Ibu dapat klik resepnya di mari Resep Puding Santan Gula Merah Praktis Tetapi Kaya Rasa.

Cara membuat puding lumut sesungguhnya sangat gampang dan praktis. Tetapi terdapat sedikit panduan supaya hasil lumutnya menawan dan mrewul bak lumut hijau sungguhan. Adalah dengan cara memakai santan kental asli dari parutan buah kelapa tua, bukan mengenakan santan praktis. Sebab menurutku jika gunakan santan praktis hasil lumutnya kurang bagus. Berbeda jika ibu mengenakan air santan kental asli, sangat hasilnya sangat menawan dan menarik.

Kreasi resep puding lumut memanglah banyak sekali ya bun. Sebab terdapat juga yang membuat puding lumut dengan memakai susu bagaikan lumutnya. Tetapi menurutku hasilnya tidak beda dari olahan puding susu. Rasanya kurang nendang dan hasil lumutnya kurang baik menurutku. Tetapi apapun itu silahkan kreasikan cocok selera saja ya bun. Tidak terdapat batas untuk berinovasi dengan puding lumut santan.

Saking kreastifnya bunda- bunda di rumah, saat ini timbul puding lumut merah yang katanya bernama puding lumut tepi laut merah. Saya liat menawan juga puding lumut merahnya. Untuk warna merahnya dalam resep tersebut memakai agar- agar swalow merah kemudian di beri santan. Oke tidak panjang lebar lagi ya, berikut kami bagikan Bahan- bahan dan Cara Membuat Puding Lumut Panda Hijau seperti berikut ini.


Baca Juga: 7 Resep Pudding Yang Mudah dibuat Sendiri Dirumah

 

BAHAN- BAHAN

 

A. Bahan Utama

  • 7 gram/ 1 Bungkus Tepung Agar- agar
  • 8 gram/ 4 Bungkus Vanili
  • 130 ml/ 2 Bungkus Santan Praktis
  • 150 gram/ 10 Sdm Gula Pasir
  • 2 Butir Telur Ayam
  • 0, 25 Sendok Teh Garam
  • 650 ml/ 2, 6 Gelas Air Mineral
  •  

B. Bahan Pewarna

  • 2 Lembar Daun Pandan
  • 4 Lembar Daun Suji
  • 125 ml/ 0, 5 Gelas Air Mineral

 

Cara MEMBUAT

  • Siapkan blender, kemudian masukan“ Seluruh Bahan- B”. Untuk daun- daunnya, dipotong- potong dulu ya. Lanjut blender hingga halus, kemudian saring. Sisihkan.
  • Siapkan wadah, kemudian kocok lepas“ Telur Ayam” hingga berbusa. Lanjut tambahkan sisa“ Seluruh Bahan- A” dan“ Perona”, kemudian aduk sampai menyeluruh.
  • Pindahkan“ Adonan” ke panci dengan cara disaring. Lanjut masak dengan api lagi sembari diaduk hingga mendidih ataupun 15 menit, angkat.
  • Setelah“ Adonan” matang, tunggu dahulu hingga dingin dan mulai mengental. Setelah dingin, baru tuangkan ke dalam cetakan dan masukan kulkas.
  • Setelah didiamkan dalam kulkas sepanjang 3~ 4 jam,“ Puding Lumut” mulai membeku. Potong cocok selera, kemudian sediakan langsung ataupun dengan vla.

 

CATATAN

Jika mau lumutnya kecil- kecil, di langkah- 3 terus diaduk ya. Tetapi bila mau lumutnya besar- benar, aduknya sesekali dan pelan- pelan saja.

Jika mau hasil lumutnya mengendap, dapat skip langkah- 4, ataupun tuang ke cetakan selagi panas. Tetapi bila mau hasilnya full lumut, simak langkah- 4 ini.



cafe di madiun,

cafe madiun live music, 

kuliner madiun, 

cafe prague, 

prague cafe madiun, 

prague madiun, 

cafe terdekat, 

tempat nongkrong di madiun, 

cafe madiun, 

tempat nongkrong madiun, 

prague cafe madiun, 

kuliner kekinian, 

rumah makan di madiun, 

resto madiun, restoran di madiun, 

resto di madiun, 

coffee shop madiun, 

rumah makan madiun


Post a Comment

0 Comments