8 Tips Meningkatkan Penjualan Makanan Secara Online

prague coffee and eatery

gambar : prague coffee and eatery madiun

Semua mahkluk hidup pasti membutuhkan makanan untuk melangsungkan hidup mereka, begitu juga manusia. Kuliner adalah salah satu jenis bisnis yang di prediksi tidak akan pernah mati. Banyak orang yang memutuskan untuk membuak usaha bisnis kuliner karena hal ini. Mulai dari berjualan online sampai langsung membuka kedai/restoran sendiri. Masalah yang sering menimpa para pebisnis kuliner adalah produk makanan yang mereka jual masih sepi pembeli dan kalah saing dengan bisnis serupa milik orang lain.

Nah buat kamu yang sekarang sedang mengalami hal serupa tidak perlu panik karena dibawah ini nongkrong-bareng-asique.blogspot.com akan memberikan tips jitu untuk mengenalkan dan meningkatkan penjualan produk makanan kamu. Yuk langsung simak tips dibawah ini :

 

1. Mengikuti program Promo di marketplace online tempat kamu berjualan.

marketplace

gambar : fastpay

Ada banyak sekali e-commerce atau marketplace yang bisa kamu jadikan sebagai tempat promosi produk. Beberapa contohnya adalah Shopee, Tokopedia, Bukalapak, JD.ID, Akulaku, Lazada dan masih banyak lagi. Pengguna toko online semakin hari juga semakin meningkat. DI dalam marketplace tersebut, mereka sering mengadakan program-program promo salah satu contohnya adalah Flash Sale.  Tidak ada salahnya bukan mendaftarkan produkmu di program Flash Sale?

 

2. Melakukan endorsement kepada selebgram/influencer

endors

gambar : instagram.com/listychanpokemon

Cara yang satu ini bisa dibilang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Semakin terkenal selebgram/influencer maka harga endorsement juga semakin tinggi. Pilihlah selebgram atau infuencer sesuai produk yang kamu jual. Contohnya jika kamu menjual produk makanan kamu bisa melakukan endorsement ke Youtuber foodvlog seperti tanboy kun.

 

3. Mengikuti acara Bazaar

bazaar

gambar : airpaz blog

Mengingat tidak semua orang bisa aktif di internet, Bazaar adalah salah satu kesempatan bagi kamu untuk mengenalkan produkmu secara langsung kepada masyarakat. Ketika sedang berada di bazar kamu perlu menyiapkan banyak brosur dan kartu nama untuk dibagikan kepada setiap pengunjung. Gak ada salahnya ikut acara pop up bazaar, lho.

 

 

4. Bersikap ramah terhadap pengantar online

ojol

gambar : flokq

Selain bersikap ramah terhadap konsumen, kamu juga perlu bersikap ramah terhadap pengantar makanan online seperti abang gofood atau grabfood. Mengingat merekalah yang akan membawa makanan kita kepada konsumen dengan utuh dan selamat sampai tujuan. Jangan sampai kamu membuat mereka kesal ya. Ada juga restoran terkenal yang menyediakan tempat khusus untuk para pengantar makanan menunggu sampai makanan siap dan hal itu merupakan nilai plus bagi kedai kamu.

 

5. Aktif di sosial media

sosmed

gambar : maxmanroe.com

Sosial media sudah menjadi dunia kedua bagi hamper seluruh umat manusia di bumi, hehe. Ketika kamu aktif di media social dan mempromosikan makanan kamu disana, maka kamu juga sudah mengenalkan produk kamu ke masyarakat luas mengingat social media tidak ada batasan jangkauan. Hal ini adalah salah satu dari kegiatan Digital Marketing. Nah jika kamu sedang mencari kursus Digital Marketing, YP. Fitri Al-Baasitu adalah tempat yang cocok bagi kamu karena disana kamu akan mendapatkan materi yang lengkap dan bisa langsung praktek karena YP. Fitri Al-Baasitu bekerjasama dengan beberapa UMKM di Madiun sebagai tempat magang dan media praktek.

 

6. Buat akun social mediamu secantik mungkin

tema ig

gambar : kebun design

Strategi satu ini memanglah sangat penting untuk kamu lakukan, karena semakin unik tema yang kamu gunakan maka tokomu juga akan semakin mudah di ingatoleh masyarakat. Pastikan juga kamu konsisten mengupload produkmu di media social. Misalnya jika kamu menjual makanan ringan, kamu bisa berbagi tips ide usaha makanan ringan. Tema instagram juga perlu kamu atur sedemikian rupa agar nyambung dengan produk yang kamu jual. Atur feeds-mu secantik mungkin agar bisa mengundang perhatian konsumen.


7. Membuat inovasi baru

new menu

gambar : ArenaCorp

Menambahkan menu baru adalah salah satu strategi yang cukup berhasil menarik pelanggan. Terutama yang sudah langganan. Mereka pasti akan tertarik dan mencoba menu baru kita dan jika mereka merasa puas buka tidak mungkin bahwa mereka akan mengaja temannya untuk ikut menikmati menu baru. Setelah itu kamu juga memerlukan foto produk agar menu baru kamu terlihat lebih istimewa. Jika kamu tidak mempunyai kamera untuk melakukan foto produk, kamu bisa membaca tips fotografi makanan tanpa kamera dslr disini.

 

8. Meminta bantuan Jin

jin

sumber : national geographic indonesia

Dari ke-7 tips diatas, belum ada yang bisa mengalahkan tips yang terakhir ini. Resiko dari strategi yang satu ini juga tergolong sangat besar, sangat-sangat besar bahkan dibawa sampai ke akhirat. Jadi strategi yang satu ini kami sangat-sangat tidak merekomendasikan untuk kamu pakai. Jadi segala bentuk resiko kamu sendiri yang menanggung dan kami hanya sekedar memberikan info xD

 

Berjualan online memudahkanmu berbisnis, apalagi modal yang dikeluarkan lebih kecil dibandingkan offline. Tapi tentu saja, tantangannya lebih besar, kamu harus lebih berani berinovasi dan mengerti bagaimana cara memasarkannya dengan tepat.


cafe di madiun

cafe madiun live music

kuliner madiun

cafe prague

prague cafe madiun

prague madiun

cafe terdekat

tempat nongkrong di madiun

cafe madiun

tempat nongkrong madiun

prague cafe madiun

kuliner kekinian

rumah makan di madiun

resto madiun

restoran di madiun

resto di madiun

coffee shop madiun

rumah makan madiun

catering madiun

catering madiun murah

catering murah

catering online

cara meningkatkan penjualan secara online

tips meningkatkan penjualan secara online

meningkatkan penjualan secara online


Post a Comment

0 Comments