Tips fotografi makanan tanpa DSLR - Prague Coffee and Eatery

INGIN FOTO MAKANANMU TERLIHAT MENGGUGAH SELERA? SIMAK 7 TIPS DIBAWAH INI

Tips Fotografi Makanan

Memotret santapan dengan ponsel buat saat ini ini sangat kerap dicoba. Hasil gambar dari ponsel juga tidak kalah bagus dengan kamera DSLR. Pemilihan ponsel buat motret santapan, salah satunya sebab instan. Tidak butuh repot membawa kamera DSLR dikala ingin motret di restoran, di rumah juga serba instan pula sebab motret dari ponsel dapat langsung diedit serta dibagikan ke seluruh sosial media sembari rebahan di kursi. Terlebih buat dimensi saat ini ini di mana produsen ponsel berlomba membagikan fitur- fitur menarik bawaan ponsel salah satunya besaran kamera. Jika dahulu 5MP telah sangat keceh, saat ini ini terdapat ponsel yang telah 13MP dapat dikatakan nyaris setara dengan DSLR.


Bila mutu kamera nyaris setara dengan DSLR, mengapa pula wajib gunakan DSLR? Dengan ponsel, seluruh jadi lebih gampang.


Balik lagi ke motret santapan. Bila dicermati trend motret santapan ini telah jadi bagian dari style hidup. Apalagi telah jadi pekerjaan senantiasa untuk sebagian orang yang kerap diucap food photographer. Begitu pula dengan web niche santapan yang kerap diucap food blogger, acapkali mereka menemukan peluang buat review restoran ataupun produk, ingin tidak ingin wajib dapat motret santapan dengan baik. Kala memandang potret- potret mereka seliweran di feed Instagram ataupun FB, tentu kita pengin pula ya dapat motret seperti mereka.

Secara pendek nih, food photography merupakan metode memotret santapan supaya nampak menggoda.

Dapat tidak sih ponsel menciptakan gambar yang eatable ala food photographer serta food blogger? Dapat! Berikut ini panduan mengambil gambar santapan yang dapat kalian praktekin sendiri dirumah, cek this out


1. Pakai Jatah Santapan Yang Sedikit

Pada biasanya, tiap orang makan dengan jatah yang terisi penuh, hendak namun dalam food photography bukanlah demikian. Terus menjadi sedikit jatah santapan yang kamu tampilkan dalam suatu piring, hingga perihal tersebut terus menjadi baik, sebab jatah santapan dalam jumlah yang sedikit hendak bawa lebih banyak atensi pada santapan itu sendiri. Disamping itu, jatah santapan yang sedikit membagikan cerminan yang menarik dari suatu santapan. Sebab itu, berikanlah ruang yang lumayan untuk audiens buat melihat- lihat objek dari tiap gambar santapan yang kamu buat. Ingat, terus menjadi banyak komponen yang kamu tampilkan pada gambar kamu dapat memperumit/ membuat foto tidak jelas/ kurang fokus. Seperti itu sebabnya, pertahankan kesederhanaan santapan yang hendak kamu tampilkan buat membagikan hasil yang menarik serta luar biasa.


2. Pakai Santapan Selagi Masih Panas

Memotret dengan memakai santapan yang masih panas memiliki batasan waktu. Seperti itu sebabnya, manfaatkanlah waktu sebaik bisa jadi. Misalnya, bila kamu mau mengambil foto dengan memakai subjek semacam soup dengan tampilan uap yang masih hangat, hingga aturlah pengaturan kamera kamu tadinya serta yakinkan kalau perlengkapan peraga ataupun elemen pendukung yang lain telah disiapkan. Sebab bila persiapan yang kamu jalani pas, hingga kamu hendak mendapatkan hasil yang memuaskan. Bagaikan bonus, bila latar balik yang hitam tidak ada pada dikala pemotretan, hingga gunakanlah sinar bonus ataupun reflector buat membagikan penerangan yang lumayan buat subjek kamu.


3. Matikan On- Camera Flash Anda

Flash kamera bisa membagikan dampak kurang bagus pada tiap santapan. Perihal itu diakibatkan sebab terdapatnya sinar dalam jumlah yang lumayan besar pada tiap wilayah yang berlembab. Sebab itu, matikan flash pada kamera kamu dikala hendak mengambil foto menimpa santapan. Perihal ini( sinar pada kamera) bukan cuma mengusik saja, tetapi pula membuat santapan itu sendiri nampak berminyak gantinya lembab. Lebih dari pada itu, cerminan bayangan yang aneh serta tidak menarik pula hendak terlihat pada santapan kamu, piring, maupun keduanya.

Jadi, ingatlah kalau santapan umumnya hendak nampak baik dengan pencahayaan yang lembut ialah dengan menggunakan jumlah sinar natural dilingkungan dekat pemotretan sebaik bisa jadi.


4. Gunakan Tripod

Tripod merupakan suatu fitur( perlengkapan) yang sangat menolong kala kamu hendak melaksanakan fotografi santapan. Tripod dapat digunakan buat melindungi kamera supaya senantiasa normal( ataupun tidak goyang) dikala melaksanakan pemotretan gantinya meletakkan kamera kamu pada suatu bilik ataupun suatu yang dapat menahan kamera kamu. Tripod secara merata mempermudah seorang dikala melaksanakan food photography. Mengapa? Sebab dengan memakai tripod, tangan kamu betul- betul leluasa buat memastikan style hidangan kamu.


5. Pertahankan Warnanya

Corak yang norak( kelewatan) membuat seluruh gambar nampak mencolok. Tetapi, ini tidaklah berarti kalau kamu tidak dapat memperoleh foto yang baik dengan mencampurkan motif yang terdapat. Terlepas dari kenyataan kalau tidak seluruh tempat bisa membagikan hasil yang baik dalam pemotretan, hingga yakinkan kalau kamu sudah memikirkan komposisi pencahayaan yang hendak kamu pakai dalam menutupi tiap elemen/ faktor pemotretan yang lenyap yang umumnya membagikan dampak yang signifikan pada tiap foto.

Campuran dari bermacam berbagai corak yang cocok serta pas bisa tingkatkan mutu gambar kamu. Seperti itu sebabnya, perhatikanlah perbandingan dari tiap komponen yang terdapat dalam tiap santapan serta tempatkanlah hiasan ataupun apalagi alat- alat makan yang mempunyai kontras bagus dengan subjek kamu.

 


 

Bagaikan bonus, pengaturan komposisi yang pas serta benar hendak membagikan energi tarik yang luar biasa pada food photography kamu. Sebab itu, jadilah bijak dalam memastikan campuran corak yang hendak digunakan.


6. Pencahayaan


Sinar merupakan raja. Perihal ini tidak dapat dipungkiri terlebih dalam dunia fotografi. Tetapi bila sinar yang terdapat dalam tempat pemotretan sangat besar, hingga perihal itu bukanlah baik. Seperti itu sebabnya, mencari perlengkapan dalam mengendalikan sinar itu sendiri, hendak sangat menolong tingkatkan mutu food photography kamu. Disamping itu pula, bila kamu memakai sinar dalam jumlah yang sedikit, hingga kamu hendak mengganggu gambar kamu serta membuat orang- orang yang suka terhadap gambar kamu menghilang satu per satu. Mengapa? Sebab sinar itu butuh. Ingat, cahayalah yang membagikan atmosfir kehidupan dalam tiap gambar kamu. Jadi, pastikanlah kalau sinar yang kamu pakai bukanlah sangat besar maupun sangat sedikit sehingga orang- orang tidak hendak berpaling dari gambar kamu. Bila kamu melaksanakan pemotretan dengan memakai sinar langsung misalnya cahaya matahari, hingga gunakanlah diffusor buat tingkatkan mutu dari pada sinar tersebut.


Berikut ini merupakan rahasia kecil, kala kamu bekerja dengan memakai sinar natural( Sunlight). Rahasia itu merupakan blocking( kadang- kadang pula diucap“ gobos”). Acapkali, sinar cahaya matahari yang kamu miliki jatuh pada latar balik ataupun perlengkapan peraga kamu sehingga menimbulkan sinar itu jadi cerah ataupun apalagi lebih cerah dari subjek kamu. Gunakanlah black card buat memblokir sinar yang hendak bersaing dengan subjek kamu. Ini pula ialah metode yang sangat berarti dalam menghasilkan bayangan hitam dengan foto yang bergaya.


7. Gunakanlah Angle( sudut) Yang Berbeda- Beda

Terdapat begitu banyak gambar menimpa santapan dengan memakai angle( sudut gambar) yang sama. Terkadang prinsip ini berjalan dengan baik, namun pemikiran yang kreatif ialah tampak dengan bermacam- macam angle( sudut gambar) yang berbeda dari tiap pemotretan nyaris senantiasa lebih menarik serta mengesankan dibanding cuma fokus pada satu angle( sudut gambar) saja.


Angle( sudut gambar) yang klasik merupakan sepanjang mata memandang, ialah memandang lurus ke dasar dari atas. Walaupun menarik, cobalah buat tidak memakai perihal ini bagaikan tampilan default sebab angle( sudut gambar) semacam ini bisa jadi hendak membuat kamu kehabisan suatu dalam menyoroti elemen berarti dari sesuatu santapan.


Sama semacam manusia, perihal yang seragam pula berlaku buat santapan. Manfaatkan tiap angle( sudut gambar) disetiap zona pemotretan yang terdapat buat menghasilkan mutu gambar yang menarik. Memanglah tidak dapat dipungkiri kalau konsep yang sudah tersusun apik pada benak( otak) kamu bukanlah senantiasa menciptakan potret- potret yang terbaik. Seperti itu sebabnya, janganlah memakai satu angle( sudut gambar) saja dalam pemotretan.


Hasilkanlah gambar semacam yang kamu mau. Tetapi ingat kalau aneka corak dalam tiap pemotretan merupakan berarti, paling utama bila kamu memotret buat pelanggan kamu. Angle( sudut gambar) yang berbeda hendak lebih baik buat bermacam tipe gambar yang berbeda. Maksudnya bila kamu memperoleh foto dengan angle yang bagus buat subjek semacam cupcake hingga angle( sudut gambar) yang seragam belum pasti hendak membagikan foto yang bagus buat subjek kamu sepert ice cream. Buat itu, berhati- hatilah dalam memilah angle( sudut gambar) kamu sebab itu merupakan opsi kamu. Bila itu merupakan opsi kamu, hingga memilih dengan bijak.


8. Tampilkan Kesederhanaan

Perencanaan itu berarti, terlebih dalam food photography. Tanpa perencanaan yang matang serta pas, foto yang dihasilkan bukanlah menarik. Seperti itu sebabnya, rencanakanlah seluruh suatu saat sebelum melaksanakan pemotretan. Food photography yang bagus menunjukkan kesederahanaan dari santapan itu sendiri. Terus menjadi banyak komponen disertakan dalam subjek pemotretan kamu, hingga perihal itu hendak alihkan atensi orang dari subjek utama yang hendak kamu tunjukan kepada audiens kamu. Buat itu, hindarkanlah melaksanakan perihal tersebut( menempatkan komposisi sangat banyak pada subjek pemotretan) supaya tidak membuat orang bimbang.




9. Perlihatkan bahan dasar santapan itu

Bagaikan ornamen yang membuat gambar kamu lebih fantastis lagi, cobalah buat meningkatkan bahan dasar dari santapan tersebut. Semacam contoh di dasar, yogurt berasa stroberi itu sudah dikelilingi dengan buah stroberi asli bagaikan bonus visual. Serta hasilnya juga sangat mengasyikkan buat dilihat, sebab perpaduan corak dari yogurt serta buahnya sangat harmonis.



10. Gambar sembari beraksi


Coba merekam moment di dikala terdapat suatu aksi yang lagi dicoba oleh penyaji santapan tersebut. Misalnya memarut coklat serta menaburkannya di atas suatu kue. Ini dapat menaikkan impact yang luar biasa ke gambar kamu. Action lain semacam memotong, ataupun menyeduh sup bisa dicoba.


Kesimpulan

Food photography merupakan perihal yang kerap diucap orang“ gampang- gampang sulit” buat dicoba, mengapa? Sebab perihal ini berhubungan dengan menyusun suatu cerita. Artinya, seluruh suatu wajib direncanakan serta disusun dengan apik supaya membagikan hasil yang baik. Seperti itu sebabnya, sebagian orang menyerah buat melaksanakannya.

Dalam seluruh bidang fotografi, baik itu fotografi santapan ataupun fotografi produk, paling tidak memerlukan proses supaya dapat mendapatkan hasil yang bagus dalam tiap pemotretan. Kesabaran, pelatihan, intensitas, dan semangat buat tidak gampang menyerah dengan kondisi, ialah kunci sukses dalam mengawali fotografi santapan.

Sebab itu, janganlah kecewa bila hasil awal yang kamu miliki kurang memuaskan ataupun tidak cocok dengan harapan kamu. Teruslah berupaya serta belajar. Sebab usaha serta kerja keras hendak selamanya dihargai dengan hasil yang memuaskan dan menggembirakan. Selamat berupaya!


Keyword: tips fotografi makanan, tips food photography, trik fotografi menggunakan ponsel, fotografi tanpa dslr, food photography, foto makanan, tips dan trik fotografi, kamera smartphone,cafe di madiun, kafe termurah madiun, cafe madiun live music, kuliner kekinian, kuliner madiun, kafe murah terdekat, cafe prague, prague cafe madiun, prague madiun


Post a Comment

0 Comments