9 Efek Samping Diet yang Berlebihan, Bahaya juga Ternyata

FATAL! INILAH AKIBAT JIKA KAMU DIET SECARA BERLEBIHAN

akibat diet
 

Memiliki bobot tubuh yang ideal tentu menjadi idaman setiap orang, baik pria maupun wanita. Berbagai cara diet juga bisa ditemukan dengan cepat dan mudah di internet. Tapi, tahukah Anda? Jika diet tidak dilakukan dengan benar justru akan membahayakan kesehatan atau kondisi tubuh Anda.

Menjaga bobot tubuh tetap ideal memang baik untuk kesehatan, tapi tentunya harus sesuai dengan ketentuan indeks massa tubuh. Kelebihan berat badan bisa memicu berbagai penyakit, mulai dari gangguan pencernaan sampai masalah jantung.

Namun yang perlu diingat, menurunkan berat badan harus dengan cara yang sehat. Sebab jika tidak, bisa berbahaya. Berikut ini masalah-masalah yang bisa timbul kalau diet tidak dilakukan dengan benar. Berikut ini kami akan memberikan anda apa Penyakit Akibat Diet Berlebihan yang akan berdampak pada anda yang suka dietnya sangat ekstrim.

Berikut adalah akibat jika Anda melakukan diet secara berlebihan:

1. Depresi

depresi

(sumber: alodokter)

Depresi tidak hanya buruk bagi fisik tapi juga tidak baik bagi psikis. Saat seseorang melakukan diet gila-gilaan, bisa saja timbul rasa putus asa yang berlebihan karena hasil dari kerja kerasnya tidak kunjung terlihat. Ujung-ujungnya bukan tubuh sehat dan bagus melainkan depresi yang disertai dengan hilangnya konsentrasi dan rasa kurang percaya diri.


Baca Juga: 12 Makanan Sehat Untuk Diet

2. Penuaan dini

 

penuaan dini 
 
(sumber: kompas health)

Kulit yang berkerut, kendur dan munculnya garis halus di wajah adalah kondisi yang sangat dihindari perempuan. Nah, bila kamu tidak ingin mengalami penuaan dini, sebaiknya hindari diet ketat yang berlebihan.

Perubahan pola makan yang ekstrem justru membuat tubuh kehilangan nustrisi yang dibutuhkan. Di antaranya mineral, protein dan vitamin yang sangat dibutuhkan kulit.


Baca Juga: Merasa Tersiksa Saat Diet? Simak Tips Dibawah Ini


3. Anorexia

 

anorexia 
(sumber: news medical.net)

Anorexia adalah suatu keadaan di mana seseorang menolak makan karena ingin menurunkan berat badan secepatnya. Karena menolak makan, maka tubuh seseorang mengalami dehidrasi dan malnutrisi.

Biasanya, orang yang mengalami anorxia kehilangan berat tubuh lebih dari 15%. Jika tidak dihentikan kondisi malnutrisi berkepanjangan dapat mengakibatkan kematian.Top of FormBottom of Form

4. Lemah jantung

 

 
(sumber: alodokter)

Diet atau pengaturan pola makan yang salah juga bisa meningkatkan kadar kolesterol berbahaya dalam darah. Dengan tingginya kolesterol, risiko yang kemudian muncul adalah penyakit arteri dan gangguan jantung.


Baca Juga: Resep Salad Sehat Untuk Diet


5. Osteoporosis

 

osteoporosis 
(sumber: klikdokter)

Menurut dr Leane Suniar, Ahli gizi RS PGI Cikini, seperti dikutip CekAja dari Femina, tulang juga bisa terkena dampak dari tubuh yang kekurangan nutrisi. Sebab, kalsium adalah komponen utama yang membentuk tulang dan gigi.

Mineral ini sangat penting bagi tulang selain untuk bagian tubuh lainnya seperti saraf, otot, dan jantung. Seba, Ketika bagian-bagian tubuh lain itu memerlukan kalsium, mereka akan mengambilnya dari makanan. Nah, untuk kasus orang yang tidak mendapatkan asupan kalsium cukup dari makanannya, tubuh akan mengambilnya dari tulang.


Baca Juga: Diet Karbo, Sulusi Terbaik Untuk Masalah Berat Badan Anda


6. Pusing

pusing 
(sumber: lifestyle.okezone)

Pusing merupakan penyakit akibat diet berlebihan yang sering dianggap sepele. Padahal penyakit ini dapat menjadi serius jika tidak ditangani dengan tepat.

7. Cepat Lelah

cepat lelah
(sumber: dokter.sehat)

Kurangnya nutrisi dan energi yang masuk ke dalam tubuh untuk berkativitas sudah pasti membuat tubuh cepat lelah. Cepat lelah juga termasuk penyakit yang sering dianggap sepele.


Baca Juga: Mudah Lelah? Ini Dia Makanan Penambah Stamina Terbaik


8. Bau Mulut

 

bau mulut 
(sumber: dokter.sehat)

Penyakit ringan yang sering dianggap sepele selanjutya adalah bau mulut. Padahal bau mulut yang dibiarkan akan membuat kuman dimulut berkembang lebih banyak dan menyebabkan penyakit lainnya yang berhubungan dengan mulut bahkan saluran pernapasan dan makan lainnya. Karena itu ada baiknya anda mengkonsumsi makanan diet yang memiliki aroma wangi seperti Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet.


Baca Juga: 12 Makanan Yang Sangat Cocok Untuk Diet Anda


            9. Bulimia

bulimia 
(sumber: lightHOUSE Indonesia)

Penyakit akibat diet berlebihan selanjutnya adalah bulmia. Bahaya Diet Yang Salah ini biasanya terjadi terjadi akibat kelainan pola makan atau gangguan makan karena diet yang berlebihan. Seseorang yang mengalami penyakit menyikasa ini juga kerap melakuka hal-hal aneh untuk mengeluarkan makanan yang telah dimakan sebelunya seperti yang dilakukan oleh penderita anoreksia. Bulmia merupakan keadaan dimana seseorang biasanya mengkonsumsi makanan secara berlebihan secara berulang dan kemudian mengeluarkannya kembali. Beberapa cara yang biasa dikalukan penderita untuk mengeluarkan makanan dari dalam perut adalah denganmengkonsumsi obat pencahar ataupun obat diuretic.

Padahal dibeberapa kasus akibat diet terlalu ketat seperti ini memungkinkan seseorang justru menyimpan lemak di dalam tubuh dan membakar otot sebagai gantinya. Jika itu terjadi maka tubuh akan kehilangan banyak otot dan melemahkan otot serta mengurangi stamina hingga melemahkan tulang.

Itulah beberapa akibat diet terlalu ketat yang mungkin dapat mengincar anda. Untuk menghindari hal itu anda dapat memilih berbagai macam cara diet yang aman tanpa efek samping.

 

Rekomendasi:

21 Manfaat Yoga Untuk Tubuh

Makanan Paling Tak Lazim Di Dunia

Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula


tag: cafe di madiun, kafe termurah madiun, cafe madiun live music, kuliner kekinian, kuliner madiun, kafe murah terdekat, cafe prague, prague cafe madiun, prague madiun, cafe terdekat, akibat diet, efek samping diet


Post a Comment

0 Comments