10 Khasiat Kurma Muda Untuk Kesehatan

APAKAH KURMA MUDA MEMANG BENAR DAPAT MENINGKATKAN KESUBURAN?


gambar : thechalkboardmag.com

Kurma, Buah yang memiliki nama latin Phoenix Dactylifera asal Arab Saudi yang memiliki warna hitam kecoklatan dengan rasa yang manis. Buah ini telah menyebar ke hamper seluruh Negara di dunia, termasuk Indonesia. Selain untuk dimakan langsung, rasa yang manis dan lezat cocok untuk di jadikan jus kurma yang segar. Pada saat bulan ramadhan, permintaan buah kurma melonjak tinggi di karenakan buah kurma adalah buah yang di istimewakan dan di sunnahkan untuk menu berbuka puasa karena manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan. Ciri-ciri buah kurma yang masih muda adalah:

 

  • Ukuran buah kurma lebih kecil di bandingkan kurma yang telah matang.
  • Kulit dan daging kurma muda lebih keras.
  • Dan dibagian dalam terdapat warna putih seperti kelapa.
  • Untuk rasa kurma muda memiliki rasa yang tidak semanis dengan kurma matang.

 

Kurma muda dikenal dengan istilah Ruthob, yaitu keadaan dimana kurma sedang dalam keadaan setengah matang. Untuk mendapatkan kurma muda ini sangatlah sulit kecuali di Negara tempat asalnya. Kurma muda juga masih segar karena belum melewati proses pengeringan seperti kurma yang sudah matang. Salah satu cara untuk mendapatan kurma muda adalah dengan cara memesannya langsung dari Negara timur tengah.

 

Kandungan nutrisi dalam buah kurma muda

Rasa dari kurma muda memang berbeda dengan murma yang sudah matang. Rasanya tidak terlalu manis dan memiliki tekstur yang agak lunak. Berbeda dengan kurma yang sudah matang yang telah mengalami beberapa proses, salah satunya adalah proses pengeringan.

 

Menurut penelitian, kurma muda mengandung lebih sedikit kalori ketimbang kurma yang sudah matang. Untuk setipa 100gram kurma matang mengandung 284 kalori, sementara kurma muda dengan takaran yang sama mengandung 142 kalori. Untuk kandungan air, serat dan protin dari kurma muda jauh lebih banyak daripada kurma yang sudah matang.

 

Kurma menyediakan asupan kaliumn zat besi, vitamin K, vitamin B6, folat, serta antioksidan seperti karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin. Antara kurma muda dan kurma matang keduanya sama-sama mengandung mineral yang baik bagi tubuh. Beberapa diantara adalah kalium, mangan, magnesium, dan tembaga.


Baca Juga: 20 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat

 

Kurma muda belum terbukti untuk kesuburan

Belum ada konfirmasi yang valid mengenai buah kurma muda bisa meningkatkan kesuburan. Berdasarkan pnelitian dari Jordan University of Science and Technology terbitan Journal of Obstetrics and Gynaecology. Dari penelitian tersebut dikatakan bahwa wanita yang rutin makan kurma selama hamil tua dilaporkan menjalani persalinan normal yang lebih lancar tanpa perlu diinduksi medis oleh dokter. Jadi kurma justru terbukti untuk membantu memperlancar proses persalinan. Tapi info tersebut tidak dijelaskan bahwa yang di teliti adalah kurma muda atau kurma yang sudah matang.

 

10 Manfaat Kurma Muda

1. Mencegah pendarahan

Dengan kandungan zat hormone bitosin, kurma muda mampu mencegah terjadinya pendarahan pada Rahim. Maka dari itu buah ini adalah salah satu buah yang sangat baikuntuk dikonsumsi oleh ibu hamil yang sedang mengandung.


2. Memperlancar kelahiran

Untuk ibu yang mau melahirkan, pasti bukan hal aneh jika terdapat sedikit rasa khawatir ataupun takut yang menyelimuti harinya. Entah takut tentang rasa sakit yang tentu akan dialami, takut tentang gimana kesehatan anak dan ibunya nanti dan takut dengan seluruh mungkin kurang baik yang dapat saja terjadi sewaktu ibu melahirkan.

Akan tetapi, jika sewaktu memiliki anda sering mengonsumsi kurma muda, sepertinya anda dapat sedikit melenyapkan rasa khawatir dan takut tersebut. karena kurma muda juga mempunyai manfaat yang tidak kalah hebat dengan manfaat kurma muda tadinya, adalah sanggup memperlancar proses kelahiran balita.

Dimana kandungan hormon oksitosin yang ada pada buah kurma ini akan memudahkan proses kontraksi otot polos di bilik rahim. Tidak hanya itu, kurma muda juga dapat membuat pengeluaran Asi jadi jauh lebih gampang dan mudah.

 

3. Tingkatkan kesuburan

 

Masih untuk seseorang perempuan, manfaat kurma muda yang lain adalah untuk tingkatkan kesuburan perempuan. Dimana buah asal timur tengah ini mempunyai kandungan zat hormon botosin yang akan berperan untuk memicu gerak peristatik pada pembuluh darah dan rahim perempuan dan sanggup tingkatkan kesuburan perempuan.

Tidak hanya itu, sewaktu melaksanakan ikatan seksual bersama pendamping, otot- otot uterus( rahim) akan lebih terangsang dan melaksanakan kontraksi lebih baik.

Nah untuk anda pendamping suami istri, mengonsumsi kurma kering dna kurma muda sepertinya akan jadi suatu kerutinan yang begitu baik. Apalagi jika anda mengonsumsi kurma kering dan kurma muda secara bertepatan, zat- zat dalam tubuh akan ternetralkan baik zat yang berasal dari santapan ataupun obat- obatan.

Sebaliknya untuk perempuan menyusui, kurma muda mempunyai kandungan zat oksitosin yang akan tingkatkan penciptaan ASI ibu, sehingga kebutuhan balita akan ASI terjamin.


Baca Juga: 10 Makanan Penyebab Diare yang Harus Kamu Hindari

 

4. Menghindari kanker

Jika sebagian manfaat kurma madu di atas hanya diperuntukkan untuk para perempuan, tetapi tidak dengan manfaat yang selanjutnya ini. Dimana kurma muda terpercaya sanggup menghindari indikasi penyakit beresiko seperti kanker.

Kandungan vitamin A yang besar pada kurma muda inilah yang akan menghindari efek terjangkitnya perkembangan sel kanker paru dan kanker rongga mulut.

Tidak hanya itu, kurma muda juga mempunyai kandungan antioksidan yang besar. Sehingga paparan cahaya matahari juga tidak akan gampang mengganggu dan menimbulkan penyakit beresiko lain sebab paparan cahaya UV.

 

5. Menghindari tumor

Tidak hanya kanker, kurma muda juga teruji bisa kurangi perkembangan tumor pada tubuh. Ya, kandungan D- glucan yang adalah salah satu tipe zat antioksidan inilah yang sanggup membuat kurma muda sukses menghindari perkembangan tumor.

Sebagian kandungan zat yang ada pada kurma muda juga akan kurangi efek mutasi sel ataupun pemicu timbulnya kanker dan tumor. Apalagi riset terpaut manfaat kurma muda untuk menghindari kanker dan tumor ini sudah dicoba dan dibuktikan dalam Journal of Clinical and Experimental Medicine.

 

6. Melindungi kesehatan mata

Seperti yang telah disebutkan di atas jika kurma muda mempunyai kandungan vitamin A yang besar. Sehingga bukan hal aneh lagi jika kesehatan mata bisa terpelihara dengan baik.

Tidak hanya itu, kesehatan mata juga akan terus menjadi terpelihara berkat kandungan antioksidan yang besar pada buah ini juga anda dapat mengalami guna maksimal dari tiap bagian mata anda.

 

7. Mengendalikan tekanan darah

Salah satu pemicu timbulnya bermacam penyakit beresiko seperti serbuan jantung, strok dan masih banyak penyakit yang lain merupakan tekanan darah yang tidak normal.

Hanya saja, tekanan darah besar jauh lebih berbahaya merangsang penyakit- penyakit beresiko tersebut. tetapi dengan mengonsumsi kurma muda anda tidak butuh lagi takut dengan tekanan darah anda. Karena kurma muda juga sanggup melindungi tekanan darah dengan baik tanpa membuat anda hadapi tekanan darah rendah.

 

8. Melindungi kesehatan kulit

Siapa bilang kurma madu hanya berguna untuk kesehatan organ seksual tubuh saja. Tampaknya manfaat kurma muda juga bisa dialami untuk kulit anda. yup, dengan kandungan zat yang begitu lengkap pasti akan sanggup menutrkandungan kulit tubuh anda dengan baik.

Tidak hanya itu, kecantikan natural kulit juga akan lebih terpancar tanpa buatnya terlihat tipis seperti kala anda memakai krim berbahan kimia beresiko.

 

9. Tingkatkan energi ingat

Bisa jadi banyak dari anda yang tidak yakin dengan manfaat kurma muda yang satu ini. tetapi tampaknya kurma muda ini teruji sanggup mengoptimalkan perkembangan sel otak sehingga sanggup membuat penyimpanan memori pada otak terus menjadi baik.

Tidak hanya itu, penyimpanan memori pada otak dengan sambungan sel yang lebih baik juga akan teruji jauh lebih optimal( seluruh memori tersimpan).

 

10. Menghindari stroke

Seperti yang telah dipaparkan di atas jika kurma muda sanggup melindungi kesehatan jantung dengan baik. Nah apabila kesehatan jantung terpelihara, hingga bisa ditentukan jika tekanan darah akan wajar dan efek penyumbatan pembuluh darah akan menyusut.

Ya, walaupun sesungguhnya penyumbatan pembuluh darah ini juga bisa diakibatkan sebab plak yang timbul akibat tumpukan lemak. Dan kala penyumbatan telah terjadi, hingga bermacam penyakit seperti stoke akan lekas timbul.

 

Oleh sebab itu, pastikan anda melindungi tekanan darah, kesehatan jantung dan penangkalan strok yang lain, seperti dengan mengonsumsi kurma muda. 10 manfaat kurma muda tersebut bisa anda peroleh berkat kandungan zat pada buah kurma muda yang begitu lengkap, adalah protein, gula, minyak, zat besi, asam nicotenic, mineral tembaga, kalsium, belerang dan klorida.

 

cafe di madiun,

cafe madiun live music, 

kuliner madiun, 

cafe prague, 

prague cafe madiun, 

prague madiun, 

cafe terdekat, 

tempat nongkrong di madiun, 

cafe madiun, 

tempat nongkrong madiun, 

prague cafe madiun, 

kuliner kekinian, 

rumah makan di madiun, 

resto madiun, restoran di madiun, 

resto di madiun, 

coffee shop madiun, 

rumah makan madiun,

kurma,

kurma muda,

manfaat kurma muda,

kurma asli,

kurma ajwa,

manfaat kurma ajwa,

cara membelu kurma muda,

manfaat kurma muda untuk kesuburan,

Post a Comment

0 Comments