CARA MELAYANI PELANGGAN DENGAN BAIK



Situasi layanan pelanggan yang paling umum adalah pelanggan atau klien yang mencari pertolongan sehingga sangat penting untuk mendapatkan interaksi atau pertolongan dengan benar. Pelanggan yang mencari pertolongan tidak hanya akan merasa bahwa dia telah diperlakukan dengan baik namun akan lebih baik lagi untuk membeli produk atau layanan dari bisnis kamu.

Gunakan tips berikut untuk layanan pelanggan yang lebih baik untuk mendidik staf kamu dan mengevaluasi kinerja layanan pelanggan :

1. Pusatkan perhatian pada pelanggan

Mendengarkan dengan penuh perhatian dan jangan sekali-kali memotong pembicaraan;

Perhatikan sikap tubuh anda, bertindak secara tenang dan rileks;

Menatap mata pelanggan anda pada saat berbicara dan tersenyum;

Perhatikan ekspresi wajah anda, dan selalu tampilkan senyum anda;

Menanggapi pembicaraan pelanggan apabila pelanggan mengharapkan tanggapan anda;

Perhatikan nada bicara anda, jangan terlalu rendah (kurang percaya diri) atau terlalu tinggi (kesal, marah dan emosi);

Menempatkan kepentingan pelanggan pada nomor satu dan orang lain, seperti rekan sekerja dan pimpinan pada prioritas berikutnya, apabila sedang melayani pelanggan.

 

2. Memberikan pelayanan yang efisien

Melayani pelanggan berikutnya segera setelah selesai dengan pelanggan pertama;

Pergunakan waktu seakurat mungkin;

Berbicara seperlunya pada pelanggan;

Merencanakan apa yang selanjutnya akan dilakukan;

Memberikan tindak lanjut pelayanan sampai tuntas;

Menjawab pertanyaan pelanggan secara singkat, tepat, cepat dan tidak bertele-tele.

 

3. Meningkatkan perasaan harga diri pelanggan

Mengenali kehadiran pelanggan dengan segera;

Selalu menggunakan nama pelanggan sesering mungkin;

Tidak menggurui pelanggan, bagaimanapun pandainya anda;

Memuji dengan tulus dan memberikan penghargaan kepada pelanggan;

Memperlakukan pelanggan sebagai orang dewasa.

 

4. Membina hubungan baik dengan pelanggan

Mendengarkan apa yang disampaikan oleh pelanggan tanpa memotong pembicaraan;

Menunjukkan simpati dan berbicara dengan penuh perasaan, untuk menunjukkan bahwa anda mengerti dan memahami perasaan pelanggan;

Mempersilakan pelanggan menanggapi dan berusaha menyelesaikan masalahnya.

 

5. Dapat menentukan apa keinginan pelanggan

Menanyakan kepada pelanggan;

Mengulangi kembali apa keinginan pelanggan, kemudian menarik inti dari apa yang dikatakannya.

 

6. Mengalihkan pelayanan ke orang lain

Bila seorang pelanggan meminta pelayanan di luar kemampuan anda, cara terbaik adalah mengalihkan pelayanan tersebut kepada orang lain yang lebih mampu. Dengan pengalihan tersebut akan terlihat bahwa perusahaan/bisnis anda telah bekerja dengan profesional;

Setelah mengetahui keinginan pelanggan, anda menjelaskan kepadanya sambil meminta maaf bahwa anda tidak mampu melayaninya, karena orang lain akan lebih baik melayaninya;

Hal ini juga harus dijelaskan dihadapan orang yang hendak menggantikan anda. Perkenalkan orang tersebut kepada pelanggan.

 

7. Mengucapkan Terima Kasih

Memang terkesan sepele, namun percayalah, walaupun hanya sekadar mengucapkan terima kasih, pelanggan yang datang akan merasa dihormati dan memberikan sinyal ke mereka bahwa anda sangat membutuhkan mereka.

 

Jika anda lupa mengucapkan ini sebelum pelanggan pergi, bisa-bisa pelanggan tadi akan merasa seperti orang hanya membeli dan tidak diharapkan datang lagi. Padahal, pelanggan setia adalah orang yang secara tidak langsung akan selalu mensupport usaha anda.

 

8. Gesit dalam melayani

Cara melayani pelanggan selanjutnya adalah sigap dan gesit. Saat konsumen menginginkan apa yang mereka butuhkan bisa dipenuhi dengan cepat. Saat seseorang menginjungi toko / lapak anda, berikan pelayanan yang gesit, cekatan dan cepat, supaya pelanggan merasa puas tanpa harus menunggu lama.

Jika toko anda termasuk kategori yang selalu ramai, tidak ada salahnya untuk mempekerjakan satu atau dua karyawan. Lebih baik menggaji pembantu dalam berdagang daripada harus kehilangan pelanggan tetap yang sudah lama.

 

9. Menghargai Mereka saat Toko hendak Tutup

Saat toko hendak ditutup sejenak, misalnya sewaktu senja atau larut malam, bisa saja pelanggan datang ingin membeli sesuatu. Nah, umumnya, pemilik-pemilik toko akan sedikit cemberut dan kurang bersahabat.

Wajar saja, karena waktu yang panjang di siang hari malah tidak dimanfaatkan oleh pelanggan. Namun sebagai pemilik kita juga harus tahu, karena kebutuhan seseorang itu terkadang bersifat mendadak.

Layani pelanggan dengan baik, berikan apa yang mereka pinta tanpa harus membuang muka, memasang wajah kurang bersahabat maupun menciptakan susasana kurang asyik.

 

10. Menghargai kedatangan konsumen

Cara yang baik melayani pelanggan berikutnya adalah menghargai kedatangan mereka ke toko anda. Saat mereka masuk, bergegaslah untuk menyusul dia, tanyakan dan layani dengan maksimal.

Bayangkan ketika mereka datang, anda malah sibuk dengan gadget ataupun menonton televisi. Bisa-bisa mereka merasa ilfil karena ulah / sikap anda tersebut. Maka mindset negatif akan tumbuh dalam penilaian terhadap usaha anda kedepannya.

 

11. Selalu Ceria

Dalam melayani pelanggan, selalu pasang wajah yang ceria, semangat dan bersahabat. Hal ini akan menciptakan suasana hangat dan ramah. Anda dan mereka akan langsung bisa mencairkan suasana toko secara positif.

Jangan pernah pasang wajah yang murung dan cemberut. Jikapun ada masalah yang sedang melanda, jangan perlihatkan saat melayani mereka.

 

12. Ramah

Pelayanan yang disukai pelanggan berikutnya yaitu ramah. Jangan permah memarahi apalagi sampai membentak. Siapa juga orang yang senang saat hendak membeli sesuatu malah menerima bentak-bentakan dari pemilik toko.

 

13. Tanggapi keluhan mereka

Tidak semua jenis produk akan diterima dengan baik oleh pembeli, pasti ada beberapa dari mereka yang merasa kurang puas sehingga memberikan kritikan dan keluhan langsung kepada anda.

Untuk itu, jangan lalai dari hal ini. Terima, temukan dan pecahkan masalah yang menyangkut dengan keluhan mereka. Setelah diperbaiki, hubungi mereka lagi dan katakan bahwa semuanya sudah diperbaiki.

Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan mereka yang sempat memudar karena menemukan kekurangan pada produk anda. Jika kamu hanya diam dan tidak berusaha memperbaiki, besar kemungkinan anda akan kehilangan pelanggan yang banyak.

 

14. Penjaminan kualitas produk

Cara Melayani pembeli berikutnya yaitu memberikan penjaminan kualitas atas produk yang kamu perdagangkan. Tujuannya adalah meyakinkan mereka bahwa produk kamu benar-benar layak dan bisa dimanfaatkan dengan baik.

Salah satu caranya yakni dengan memberikan garansi dalam jangka waktu tertentu. Efeknya, jika dalam waktu yang ditetapkan produk kamu tidak mengalami masalah, maka kamu akan mendapatkan testimoni dari mereka, sehingga mampu mendongkrak pupularitas usaha anda.

 

15. Spesifikasi = Realita

Metode pelayanan pelanggan berikutnya yakni jujur. Jujur kepada konsumen dengan menyajikan spesifikasi yang tidak sembarangan, alias sangat sesuai dengan realita dari produk tersebut.

 

Hal ini sering menjadi blunder dalam transaksi jual beli, termasuk Bisnis Online. Banyak pelanggan merasa kecewa karena yang mereka beli berbeda jauh dengan apa yang terlihat pada caption produk. Untuk itu, anda harus memperhatikan ini.

 

16. Meminta Kontak mereka

Strategi Pelayanan Konsumen yang terakhir adalah dengan meminta kontak agar bisa menghubungi mereka. Tidak bermaksud apa-apa, hanya supaya bisa menghubungi pelanggan jika ada keluhan, ataupun memberitahukan produk-produk baru.

Metode ini juga akan mendukung mereka jika seandainya memiliki keluhan, sehingga tidak susah-susah lagi saat ingin mengunjungi anda di lain waktu.

 

Keyword:

langkah langkah memberikan pelayanan yang baik untuk konsumen

cara sederhana melayani pelanggan dengan baik

cara melayani customer service

materi memberikan pelayanan kepada pelanggan

pelayanan yang dapat diberikan sebelum berbelanja yaitu

bagaimana cara melayani pelanggan berdasarkan konsep pelayanan prima

cara melayani pelanggan di supermarket

pelayanan pelanggan

prague coffee and eatery

tongkrongan nyaman madiun,

kafé termurah madiun,

kafé dengan live music,

kuliner kekinian

kuliner madiun