SYARAT MENJADI SEORANG CHEF

 SYARAT MENJADI SEORANG CHEF



Tidak hanya keterampilan memasak untuk menjadi seorang Chef. Diakui, ini profesi yang menjanjikan, sekarang menjadi incaran banyak orang!

Apa yang pikiran pertama di pikiran Anda ketika Anda mendengar kepala koki?

Seorang pria besar mengenakan celana panjang putih, kotak kecil hitam atau putih, mengenakan topi dan menjadi raja dapur yang kehadirannya biasa untuk Anda di sebuah hotel bintang lima atau "high profile" Restaurant? Di masa lalu, pemimpin istilah tidak bisa terlalu dekat dengan perusahaan setiap hari, beberapa kantong media yang mendalam adalah "familiar" dengan kepala karena mereka umumnya suka hidangan lezat di restoran hotel atau mewah.

Sekarang, berkat banyak bermunculan acara memasak di televisi, kepala istilah mulai terasa sekitar di depan umum, meskipun fakta bahwa semua operator acara kuliner adalah sebuah mahakarya. Bahkan, apa persyaratan seseorang berhak pemimpin julukan?

Artikel ini bertujuan untuk memperluas kepala, dengan tidak ada niat untuk hakim siapa pun. Selain itu, Anda dapat mengambil kesimpulan sendiri.

 

Bagaimana seseorang bisa dikenal sebagai seorang pemimpin?

Pertanyaan ini hampir dihapus. Mengacu pada buku oleh dapur profesional Wyne Gisslen, mengatakan gelar tidak membuat Anda seorang pemimpin, dan Anda dapat disebuk sebagai juru masak setelah memasak sebanyak seribu kali. Apakah jika kita lulus dari sekolah menengah atau perguaruan otomatis menjadi pemimpin dalam sebuah perusahaan? Jawabannya tentu tidak, kecuali perusahaan dimiliki atau kelurganya, dan ia diangkat menjadi pemimpin dalam masyarakat.

Seperti telah disebutkan, kerja keras dan semangat yang kuat jika Anda ingin menjadi koki. koki adalah sama dengan pemimpin. Dan pemimpin kita berbicara tentang adalah kepala atau pemimpin dapur. Jadi pemimpin adalah profesi dan profesi lainnya, seperti guru, pendidik, dokter, driver dan lain-lain.

 

Untuk menjadi seorang pemimpin, ada banyak jalan yang bisa ditempuh. Pada tingkat menengah, setidaknya, melewati jurusan profesional utama kuliner atau perhotelan. Untuk lebih tinggi, bisa bergabung dengan akademi Hospitality atau sekolah pariwisata. Tentu saja, lulusan tidak dapat menerima sebagai pemimpin, kecuali setelah lulus langsung ke bisnis dan restoran telah menjadi pemimpinnya.

Untuk pemimpin seoran membutuhkan pengalaman dan jam terbang tinggi, karena telah menjadi pemimpin keterampilan maka tidak hanya memasak yang diperlukan, tetapi menjadi luas, kemampuan untuk mengatur. Pada dasarnya, persyaratan seorang pemimpin akan sama dengan tuntutan seorang pemimpin. Koki adalah profesi yang membutuhkan proses yang panjang untuk prestasinya, bahkan bisa mencapai puluhan tahun (beberapa dapat mencapai ini dalam beberapa tahun).

 

Chef juga banyak tingkatan, dari Demmie koki koki eksekutif. Tidak akan pernah pergi ke sekolah di sektor perhotelan bisa menjadi koki? Bisa! Kondisi ini kemauan yang kuat untuk mencapai posisi teratas di dapur.

Pada saat itu di Indonesia, ada orang Indonesia yang dipercaya untuk memegang kendali di dapur hotel bintang, 4 atau 5. Hal ini sangat menggembirakan, bahkan jika luar negeri sudah banyak orang yang kantor Indonsia sebagai kepala dan CEO.

Struktur organisasi di dapur

Tergantung pada ukuran dapur untuk beberapa hotel bintang 5, tingkat pemimpin terdiri dari beberapa lapisan. Sebagai contoh, sebuah restoran kecil biasanya lebih sederhana, mengatakan restoran dengan teras kapasaitas 30-60.

Sosok Chef ideal

Chef yang ideal adalah Chef yang mempunyai jiwa entrepreneur (agar bisa memajukan usahanya), mempunyai jiwa seni (sehingga bisa memberikan sentuhan-sentuhan yang artistik pada makanan), mempunyai jiwa kepemimpinan yang kuat, berpikiran di luar kotak (out of the box), selalu mempunya ide-ide baru yang segar, selalu belajar dan tidak pernah berhenti dalam usahanya.

Perkembangannya di dalam negeri sudah sangat menggembirakan dibandingkan dengan 5 atau 10 tahun yang lalu. Demi kemajuan mereka, tentunya harus banyak diberi pelatihan, khususnya Bahasa Inggris. Ini merupakan kelemahan yang cukup mendasar bagi orang Indonesia, karena mau tidak mau, suka tidak suka paling tidak seorang Chef harus bisa berkomunikasi dengan bahasa internasional ini.

 

1. Pelajari tentang industri kuliner

Banyak yang terjadi di dapur restoran. Tak hanya mengerti tentang memasak saja, kamu pun juga harus mengerti tentang industri kuliner. Kamu harus benar-benar mengerti sistem kerja di industri kuliner.

 

2. Bergaul dengan chef senior

Bergaul dengan chef senior dapat memberi pengaruh positif untuk keterampilan memasakmu nantinya. Kamu akan memperoleh banyak ilmu baru dengan bergaul bersama para chef profesional. Kamu juga dapat belajar teknik memasak dan resep baru yang belum kamu peroleh sebelumnya.

 

3. Perluas wawasanmu

Menjadi seorang chef tidak hanya didukung dengan keahlian memasak saja. Kamu juga perlu belajar ilmu sosial budaya, ilmu akuntansi, ilmu kimia dan fisika, public relations (PR) serta berbagai ilmu lain yang mendukung. Memiliki jiwa seni juga sangat diperlukan seorang chef karena ia harus dapat memadukan bahan dan bumbu dengan tepat agar menghasilkan makanan bercita rasa tinggi.

 

4. Kamu harus mulai mengasah kemampuan manajerialmu

Dalam dunia kuliner, kerja sama tim juga sangat dibutuhkan, apalagi ketika kamu telah menjadi seorang chef profesional. Kamu akan menjadi koordinator bagi orang-orang di sekitar agar dapat menghasilkan masakan berkualitas.

 

5. Terjun langsung ke lapangan

Tak melulu tentang teori berupa resep-resep memasak, menjadi chef pun berarti mau terjun langsung ke lapangan dan mau untuk mengasah bakat dengan terus memasak.

 

6. Rajin mengikuti kompetisi

Kamu tak akan tahu seberapa jauh kemampuanmu memasak bila kamu tak memiliki keinginan untuk mengikuti kompetisi.

 

Syarat untuk Menjadi Koki atau Chef

Jika Anda memutuskan untuk menjadi koki dan menjadikan pekerjaan di industri kuliner sebagai karir utama Anda, mungkin Anda bertanya-tanya adakah syarat pendidikan dan berapa lama waktu yang harus dihabiskan untuk menjalani pelatihan agar dapat menjadi koki yang kompeten? Ayo temukan jawabannya di bawah ini.

 

Komitmen Waktu untuk Menjadi Koki: Jika Anda ingin melanjutkan pendidikan Anda ke sekolah kuliner, Anda butuh waktu selama dua tahun untuk mendapat gelar associate dan empat tahun untuk mendapatkan gelar sarjana.

Persyaratan Latar Belakang Pendidikan untuk Menjadi Koki: Beberapa restoran memerlukan ijazah sekolah menengah. Tapi banyak juga restoran yang tidak mempermasalahkan latar belakang pendidikan. Namun Anda mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan posisi ini di restoran kelas atas.

Biaya yang Dibutuhkan untuk Mengikuti Pelatihan atau Program Singkat Menjadi Koki: Hal yang satu ini sangat bergantung pada reputasi sekolah atau tempat pelatihan yang Anda pilih, jenis kelas yang ditawarkan, dan lama program yang akan Anda ikuti. Biasanya banyak koki yang menghabiskan biaya sama seperti orang-orang yang kuliah di universitas.

 

Keyword:

sekolah untuk menjadi chef

tujuan menjadi chef

syarat menjadi chef di restoran

kemampuan yang harus dimiliki seorang chef

syarat menjadi chef di hotel berbintang

kelebihan dan kekurangan menjadi chef

cara menjadi chef di luar negeri

alasan seseorang ingin menjadi seorang chef

tongkrongan nyaman madiun,

kafé termurah madiun,

kafé dengan live music,

kuliner kekinian

kuliner madiun

 


Post a Comment

0 Comments